15 Desa se Kecamatan Tugu mengikuti BIMTEK Simulasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa

Administrator 16 Mei 2019 12:04:52 WIB

Pada Hari ini Kamis 16 Mei 2019 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek dilaksanakan kegiatan BIMTEK Simulasi Pengelolaan Sistem Keuangan Desa. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing desa di wilayah Kecamatan Tugu yang salah satu diantaranya adalah Desa Banaran. Pemerintah Desa Banaran menghadirkan Kepala Desa banaran beserta Sekeretaris Desa, Kaur Keuangan, Operator Siskeudes dan Pelaksana Kegiatan. BIMTEK ini bertujuan untuk membekali dan juga meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dalam mengelola kuangan Desa. Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 09.00 WIB dengan dibuka langsung oleh Bapak Camat Tugu (Drs. BUDIANTO). Pada BIMTEK ini Bapak Camat menekankan pentingnya transparansi dalam pengelolaan keauangan desa. Selain Transparansi, tentunya desa juga harus melaksanakan azas-azas dalam pengelolaan keuangan desa diantaranya transparan, partisipatif, akuntabel serta tertib dan disiplin anggaran.

Kegiatan BIMTEK Simulasi ini juga dihadiri Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari Inspektorat Kabupaten Trenggalek. Narasumber Dinas PMD dan juga dari Inspektorat berpesan kepada seluruh Desa di Kecamatan Tugu untuk selalu berpedoman pada Undang-undang yang sudah ada dalam pengelolaan Keuangan Desa terutama untuk Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Lebih lanjut, para narasumber tersebut juga menekankan bahwa setiap tahapan dalam pengelolaan keuangan desa haruslah dapat dipertanggungjawabkan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan dan juga pertanggungjawaban.

Pada akhir kegiatan, semua desa sepakat untuk selalu memperhatikan pentingnya komunikasi dengan pihak terkait dalam hal pengelolaan keuangan desa ini. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Banaran

tampilkan dalam peta lebih besar